Monday 9 November 2015

Mesin diesel 4 tak

Setelah beberapa waktu lalu saya sempat membahas tentang motor 4 tak sekarang saya ingin membahas mesin diesel 4 tak.


pada dasarnya mesin diesel dan mesin bensin itu sama karena sama sama memannfaatkan tekanan hasil pembakaran untuk menggerakan piston,hanya terdapat sedikit perbedaan pada sistem bahan bakar dan pengapian.pada mesin bensin campuran bahan bakar di bakar oleh percikan bunga api listrik dari busi sedangkan pada mesin diesel bahan bakar teerbakar sendiri karena suhu udara yang dikompresikan sangat tinggi.

Langkah Langkah Pada Mesin Diesel:

1.Langkah Hisap

piston bergerak dari TMA menuju TMB dan posisi katup hisap terbuka dan katup buang tertutup sehingga udara terhisap ke dalam ruang bakar,jika pada mesin bensin yang di hisap adalah campuran bahan bakar dan udara pada motor diesel yang dihisap hanyalah udara.




2.Langkah Kompresi

pada langkah kompresi piston bergerak dariTMB menuju TMA dan posisi kedua katup dalam keadaan tertutup sehingga udara ditekan dan menyebabkan suhu naik menjadi sangat tinggi. perbandingan kompresi mesin diesel jauh lebih tinggi dari mesin bensin sehingga suhu yang ditimbulkanpun menjadi lebih tinggi.


3.Langkah Kerja

beberapa derajat sebelum akhir langkah kompresi nozel menyemprotkan bahan bakar dengan tekanan yang tinggi sehingga bahan bakar yang diinjeksikan pada ruang bakar akan terbakar oleh udara yang dikompresikan dengan suhu sangat tinggi,tekanan yang di hasilkan lalu di gunakan untuk mendorong piston ke bawah dan memutar poros engkol.


4.Langkah Buang

pada langkah buang piston bergerak dari TMB menuju TMA dan posisi katup buang membuka sehingga gas hasil pembakaran tertekan menuju knalpot dan di buang.
selanjutnya mesin melakukan proses hisap,kompresi,kerja dan buang seecara terus menerus sehingga mesin dapat berputar secara terus menerus.




sekian dulu untuk pembahasan kali ini,saya sangat mengharapkan komentar dari teman semua.
SEKIAN DAN TERIMA KASIH

No comments:

Post a Comment